::. Cara Kerja Motor 4 Tak .::


Info yang sudah familiar bagi anak-anak Teknik Mesin.

Tapi bagi yang belum ngerti cara kerja motor 4 tak.

silakan cekibrot..

Disebut mesin 4 tak karena ada 4 langkah.

motor 4 tak

motor 4 tak

Proses yang pertama.

1. Intake

Disebut langkah intake karena langkah pertama adalah menghisap melalui piston dari karburator. Pasokan bahan bakar tidak cukup hanya dari semprotan karburator. Cara kerjanya adalah sbb. Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas). Lalu piston menghisap bahan bakar yang sudah disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Piston lalu mundur menghisap bahan bakar. Untuk membuka, diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah.

Gerakan valve atau inlet diatur oleh camshaft secara mekanis. Yakni, camshaft mengatur besaran bukaan klep dengan cara menekan tuas klep. Camshaft sendiri digerakan oleh rantai keteng yang disambungkan antara camshaft ke crankshaft. Untuk detilnya, lihat gambar berikut.

Perhatikan bahwa A adalah Intake Valve (klep masuk bahan bakar) dan klep ini ditekan (membuka) karena I (camshaft) menekan valve A. Dengan demikian, pada saat piston turun, maka A terbuka sekaligus bahan bakar ditarik masuk ke ruang bakar. A akan menutup sampai batas tertentu sebelum langkah kedua : kompresi. Rantai keteng tidak terlihat karena akan sulit digambarkan di atas, tetapi crankshaft (P) terhubung dengan camshaft (I). Beberapa mobil Eropa seperti Mercedez menggunakan rantai sebagai penghubung antara crankshaft dan camshaft, tetapi umumnya di mobil Jepang menggunakan belt yang kita kenal sebagai timing belt.

2. Kompresi

Langkah ini adalah lanjutan dari langkah di atas. Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake, lalu valve intake tertutup, dan dilakukan proses kompresi. Yakni, bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar dimampatkan. Ruangan sudah tertutup rapat karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi di langkah ke 3.

3. Combustion (Pembakaran)

Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah PISTON BERGERAK MENCAPAI TITIK MATI ATAS DAN MUNDUR BEBERAPA DERAJAT. Jadi, busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat), tetapi piston mundur dulu, baru meledak. Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas, masih ada energi laten (yang tersimpan akibat dorongan proses kompresi). Jika pada titik 0 derajat busi meledak, bisa jadi piston mundur tetapi mengengkol crankshaft ke arah belakang (motor mundur ke belakang, bukan memutar roda ke depan). Setelah proses pembakaran, maka piston memiliki energi untuk mendorong crankshaft yang nantinya akan dialirkan melalui gearbox dan sproket, rantai, dan terakhir ke roda.


4. Exhaust (Pembuangan)

Langkah terakhir ini dilakukan setelah pembakaran. Piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke titik yang paling bawah, atau disebut Titik Mati Bawah. Setelah itu, piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. Oleh karena itu, maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang Exhaust Port (atau kita bilang lubang sambungan ke knalpot). Dengan demikian, maka kita bisa membuang semua sisa gas buang akibat pembakaran. Dan setelah bersih kembali, lalu kita akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi.

SUMBER

Salam Keluargaku..

๐Ÿ˜€

Advertisements

Manggis Inang..!!(Khasiat Manggis- Queen Of Fruits)


Manggis atau Garcinia Mangostana L (bahasa planet mana ini) … ๐Ÿ™‚

Ini antioksidan yang hanya ada di Indonesia lhoo.. ๐Ÿ™‚

Siapa yang gak kenal buah ini.

Bahkan kita sering minta oleh-oleh dari pajak(pasar-red) sama mamak kalo belanja.

Mak’e,,beli manggis ya.. ๐Ÿ™‚

Nah, Kalo durian orang bilang King of Fruits, si manggis lah Queen of Fruits nya..

Apa khasiatnya? Setauku cuma manis aja nyaa…

cekibroott khasiatnya..

Pasti ada sebabnya mengapa manggis disebut sebagai “Ratu Buah”. Buah yang tumbuh di daerah beriklim subtropis ini kaya akan xanthone, salah satu jenis antioksidan yang paling “super”. Bahkan, manggis memiliki lebih dari 40 jenis xanthone. Kandungan xanthone ini paling banyak ditemukan pada kulit manggis yang keras. Seperti yang Anda tahu, antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.
Selain mengandung antioksidan yang dipercaya mampu memperlambat proses penuaan, manggis juga menyimpan sejumlah nutrisi lainnya, seperti serat, potasium, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, zat besi, vitamin C, dan vitamin B6. Dengan berbagai kandungan gizi itu, mengonsumsi jus manggis secara teratur bisa membantu Anda mengatasi berbagai kondisi kesehatan tanpa efek samping, seperti kelelahan, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, radang sendi, kolesterol serta diare dan problem pencernaan lainnya.
Tidak ada yang bisa memastikan dari mana manggis berasal. Namun, buah ini diyakini merupakan buah asli kepulauan Sunda, gugusan pulau di sebelah barat kepulauan Indonesia. Selain di Indonesia, manggis juga tumbuh di Thailand, Malaysia, dan India bagian selatan. Tanaman ini tidak mampu menoleransi iklim yang lebih dingin sehingga sulit dikembangbiakkan di Eropa dan Amerika. Negara ini lebih banyak mengimpornya dari Thailand atau Indonesia.
Buah ini juga menjadi mahal karena merupakan salah satu buah yang paling sulit tumbuh. Tanahnya harus basah, tapi tidak terlalu basah, juga tidak berpasir atau berlumpur. Kebanyakan pohon tumbuh di hutan hujan, yang di sana kondisinya sudah sempurna. Mereka bahkan mirip tanaman liar di hutan hujan Asia Tenggara. Repotnya lagi, pohon ini butuh 10 tahun untuk berbuah.
Memilih Manggis
kandungan serat yg tinggi pada manggis membuat kita cepat merasa kenyang saat mengkonsumsi buat ini. Oleh sebab itu, para pakar kesehatan juga mengatakan, buah ini baik dikonsumsi setelah Anda berolahraga. Ketika Anda butuh memulihkan tenaga dan cairan yang hilang, manggis bisa menjadi jawabannya. Energi yang diperoleh dari manggis bertahan lebih lama daripada yang ditawarkan sumber-sumber artifisial.
Karena seratnya yang tinggi itu pula, manggis sangat mudah dicerna. Manggis juga memiliki daya pembakar lemak yang akan bekerja 24 jam. Kombinasi kedua hal ini akan membantu Anda menurunkan berat badan. Tentu saja hasil itu tak cukup jika kita hanya mengonsumsi banyak buah manggis. Imbangi konsumsi buah tersebut dengan latihan ringan yang rutin. Dengan begitu, Anda akan segera menikmati gaya hidup yang lebih sehat dan lebih aktif.
Bagaimana cara yang baik untuk mengonsumsi buah yang rasanya manis dan asam ini?
Anda bisa menikmati buah ini dalam tiga bentuk: memakannya dalam kondisi segar, menjadikannya jus, atau mengonsumsi yang sudah dikeringkan. Jika mengonsumsinya secara rutin, Anda bisa merasakan manfaat buah ini. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsinya sebagai buah segar, yang terbebas dari segala bahan pengawet atau pemanis. Katanya sih, dengan cara ini, Anda akan merasa lebih sehat, lebih muda, dan energik.
Untuk mendapatkan manfaat terbesarnya, pastikan Anda memilih buah yang terbaik. Manggis yang manis, juicy, dan matang akan terasa dari kulitnya yang lentur ketika dipegang. Adapun buah yang kulitnya terasa keras seperti batu artinya belum matang.

Selamat yang suka makan manggis, badannya sehat euy.. ๐Ÿ™‚

Sok tau admin ini lah..!!

darimana sumbernya???

jangan ngarang lah wooii…!!!

ย Sumber

Horas AUDISIE…!!!

Katakan TIDAK pada Minuman Bersoda!


Siapa yang senang atau hobi atau bahkan sudah menjadi kebutuhan minum softdrink yang mengandung soda??

Ini ada 10ย  alasan mengapa kita harus berkata TIDAK pada minuman bersoda dari sumber yang tidak dipercaya.. ๐Ÿ™‚

cekibbroott..

1. Softdrink menguras air dalam tubuh.
Seperti halnya diuretik yang bukannya memberikan air untuk tubuh kita, tapi malah menghabiskannya. Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam softdrinks memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita. Untuk mengganti air ini, orang harus minum 8-12 gelas air untuk setiap gelas yang diminum.


2. Softdrink tidak pernah meng-hilangkan rasa haus karena Softdrink bukanlah air yang diperlukan oleh tubuh. Dengan tetap tidak memasok air ke dalam tubuh kita terus – menerus akan menyebabkan dehidrasi seluler kronis, sebuah kondisi yang melemahkan tubuh pada tingkat serius. Pada gilirannya akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan dan menimbulkan berbagai penyakit.

3. Tingkat kandungan fosfat yang tinggi dalam softdrinks dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Softdrink terbuat dari air murni yang juga dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan penyakit jantung ( kekurangan magnesium), osteoporosis ( kekurangan kalsium ) dan banyak lagi. Sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral.

4. Softdrink dapat membersihkan karat pada bumper mobil atau benda benda logam lainnya. Bayangkan apa yang akan terjadi pada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya.

5. Jumlah gula yang tinggi dalam softdrinks menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah besar, yang mengakibatkan โ€œbenturan gulaโ€, Kelebihan dan kekurangan gula dalam insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidakseimbangan dalam tubuh. Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan anak sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan seumur hidup.

6. Softdrinks sangat mempengaruhi pencernaan. Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat menghentikan proses pencernaan. Ini artinya metabolisme dalam tubuh bisa terhambat. Softdrink bila diminum bersamaan dengan kentang goreng akan membutuhkan waktu berminggu minggu untuk di cernakan.

7. Softdrink mengandung aspartame, yang di hubungkan dengan depresi, insomnia, penyakit saraf dan banyak penyakit lainnya. Di Amerika, FDA telah menerima lebih dad 10400 keluhan konsumen terhadap aspartame.

8. Softdrink: bersifat sangat asam, sehingga dapat menembus garis sambung pada kaleng alumunium dan dapat melumerkan kaleng tersebut bila disimpan terlalu lama. Pasien penderita alzheimer yang telah diotopsi semuanya memiliki kadar aluminium yang sangat tinggi dalam otaknya. Logam berat dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan syaraf dan penyakit lainnya.

9. Softdrink bersifat sangat asam, tubuh manusia secara alamiah memiliki pH 7,0. Softdrink memiliki pH 2,5, artinya anda memasukkan sesuatu yang ratusan ribu kali lebih asam ke dalam tubuh anda. Penyakit berkembang dalam lingkungan asam. Softdrink akan mengendapkan limbah asam dalam tubuh yang menumpuk dalam sendi dan di sekitar organ tubuh. Contohnya, pH tubuh penderita kanker atau randang sendi selalu rendah. Semakin parah penyakit seseorang, semakin rendah pH tubuhnya.

10. Jangan pernah berpikir untuk meneguk Softdrink saat anda terkena demam atau flu, Softdrink akan mempersulit tubuh melawan penyakit tersebut.

Nah lo..??

Gimana dongan-dongan..??

Jangan percaya ya.. Biar sakit..

hehehe

-original posting-

Keluarga Besar Alumni SMA Budi Mulia Pematangsiantar-Semarang.

Horraass..!!

Semarang Punya (1)


Setelah lama lalu lalang mari kita sambung tour de Semarang.. ๐Ÿ™‚

Sambungan dari post kemarin, inilah sedikit foto dari kota Semarang .

PRPP

Ke Gombel

yang di atas road race competition..
๐Ÿ™‚

Lokomotif di Lawang Sewu.

Yang lain-lain.. #siulsiul

ย ย 

ย ย ย 

Mari kita sambung lagi..

Ada yang tau ini candi apa…??

what?
adong do candi ย Semarang? I pe huboto bah..

yup,, namanya Candi Tugu.

Menurut info yang tidak dipercaya, candi ini dekat IAIN Walisongo.

belum jelas bos bentuk candinya..!!

ini dia tambahan potona..

ย 

itu dulu ah..
biar AUDISIE penasaran trus jalan2 ke situ…

heheh

๐Ÿ™‚

Semarang Punya


Inilah beberapa tempat di Semarang.

Semarang atau orang asing yang berkulit putih bermata cipit menyebutnya San Bao Long alias Semarang tempo doeloe.

Lawang Sewu

Keunikan Dibalik Angkernya Bangunan Peninggalan Belanda

Inilah tempat yang dibilang orang-orang yang paling anker di Indonesia. ๐Ÿ™‚

Unik gak?

Semarang gitu.. ๐Ÿ™‚

tetapi tau gak sejarahnya gimana?

Terletak di komplek tugumuda, dahulu merupakan gedung megah berbaya art deco, yang
digunakan Belanda sebagai kantor pusat kereta api ( trem ), atau lebih dikenal dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij ( NIS ). Bangunan karya Arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J Queendag menurut catatan sejarah dibangun tahun 1903, kemudian diresmikan pada tanggal 1 juli 1907.Masyarakat Semarang lebih mengenal gedung ini dengan sebutan Gedung LaswangSewu, mengingat gedung ini memiliki jumlah pintu dalam jumlah banyak, yangt dalam arti kiasan banyak berarti jumlahnya seribu atau lebih , yang dalam bahasa jawa LawangSewu.Lawang berarti pintu dan Sewu berarti seribu.
Dalam perkembangannya setelah kemerdekaan digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Indonesia ( DKARI ) atau sekarang PT. Kereta Api Indonesia. Kemudian untuk kepentingan militer, yaitu sebagai kantor KODAM IV Diponegoro ( yang kini dipusatkan di Watu Gong ), dan terakhir digunakan sebagai Kantor Wilayah Departemen Perhubungan Jawa Tengah. Saat ini gedung yang masuk dalam 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang digunakan sebagai objek wisata dengan fasilitas berupa peninggalan sejarah arsitek bangunan kuno dan antik, ada ruang bawah tanah dan menara informasi, sering pula digunakan sebagai tempat pameran dalam event tertentu.
naah,, yang paling unik ya itu dia, gedungnya punya 1000 pintu..
seribu setan juga mungkin ya..
๐Ÿ™‚
ย apa lagi yang dipunya Semarang?
Tugu Muda
ย  ย 
Tugu Muda persis di depan Lawang Sewu. Jadi, habis uji nyali bisa cuci mata dulu di sini.. hehehe
Sejarahnya..??
Tugu Muda adalah sebuah monumen di Semarang, berlokasi di pusat bundaran tugu muda. Monumen ini dibangun di tahun 1953 untuk mengenang heroisme pejuang Semarang melawan penjajah Jepang yang dikenal sebagai pertempuran selama lima hari di kota Semarang dari tanggal 14-19 Oktober 1945.
Merupakan tugu yang berpenampang segi lima. Terdiri dari bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Pasa sisi landasan tugu terdapat relief. Keseluruhan tugu dibuat dari batu. Untuk memperkuat kesan tugunya, dibuat kolam hias dan taman pada sekeliling tugu. Bangunan yang berada disekitar tugumuda adalah lawang sewu, Kantor BDNI, bakal Rumah Dinas Gubernur Jateng, Museum Manggala Bakti dan Katedral.
ย Bermula dari ide untuk mendirikan monumen yang memperingati peristiwa Pertempuran Lima hari di Semarang. Pada tanggal 28 Oktober 1945, Gubbernur Jawa Twngah, Mr. Wongsonegoro meletakkaan batu pertama pada lokasi yang direncanakan semula yaitu didekat Alun-alun. Namun karena pada bulan Nopember 1945 meletus perang melawan Sekutu dan Jepang, proyek ini menjadi terbengkalai. Kemudian tahun 1949, oleh Badan Koordinasi Pemuda Indonesia (BKPI), diprakarsai ide pembangunan tugu kembali, namun karena kesulitan dana, ide ini jugaa belum terlaksana.
Tahun 1951, Walikota Semarang, Hadi Soebeno Sosro Wedoyo, membentuk Panitia Tugu Muda, dengan rencana pembangunan tidak lagi pada lokasi alun-alun, tetapi pada lokasi sekarang ini. Desain tugu dikerjakan oleh Salim, sedangkan relief pada tugu dikerjakan oleh seniman Hendro. Batu yang digunakan antara lain didatangkan dari kaliuang dan Paker. Tanggal 10 Nopember 1951, diletakkan batu pertama oleh Gubernur Jateng Boediono dan pada tanggal 20 Mei 1953, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Tugu Muda diresmikaan oleh Soekarno, Presiden Republik Indonesia. Hingga sekarang, cukup banyak perubahan yang telah dilakukan terhadap arca di sekitar tugu muda, antatra lain pembuatan taman dan kolam.
Bangunan ini sampai sekarang masih berdiri tegak di tengah persimpangan Jalan Sutomo, Jalan Pandanaran, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Soegiyapranoto, para pejuang dari Semarang (waktu itu) pantang menyerah, penjajahan Jepang dilawan sampai titik darah penghabisan, dan heroisme masyarakat setempat ketika melawan penjajah dikenal sebagai pertempuran lima hari dari tanggal 14-18 Oktober 1945.Menurut dia, Tugu Muda Semarang berbentuk lilin mengandung makna semangat juang para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan RI tidak akan pernah padam.

Pada kaki tugu ini terdapat relief yang menggambarkan kesengsaraan rakyat Indonesia saat adanya penjajahan Jepang.

Tugu Muda Semarang, oleh Pemprov Jateng dijadikan salah satu di antara beberapa daya tarik wisata yang ada di Kota Semarang.

naah sekarang kita ke Tawang dulu ya..

masih dalam konteks cuci mata.. heheeh

eh, ke Simpang Lima dulu lah,, di sana lebih rame..

๐Ÿ™‚

Simpang Lima

Siang gak enak, malam aja lebih nyantai..

Simpang lima inilah yang tempo doeloe dijadikan sebagai alun-alun, tapi sekarang sudah berbeda fungsi. ๐Ÿ˜ฆ

Gak percaya..??

Ini buktinya..

Sekarang kita ke Tawang..

Ada yang mau pergi..??

kok danau?

itu namanya Polder tepat di depannya stasiun taawng..

kata orang sih untuk mencegah banjir..

Loh..?? itu bukannya tempat sampah yang besar ya..??

:p

Tawangnya mana? masa cuma depannya?

ย ย 

Loh om?? kok banjir..??

katanya ada polder….??

maaf nak, poldernya sudah jadi tempat sampah…xixixixi

itu cuma intermeso saja..

Ini dia yang aslinya.. Lumayan kan..?? Lumayan seram.. hehehehe

teerus kemana lagi..??

yang dekat aja ya..

Kota Lama..

Apa itu?

Kota Lama adalah Belanda di Semarang, jadi ngapain jauh-jauh ke belanda kalo di sini ada.. ๐Ÿ™‚

Ini gereja Blenduk(Belanda-red) sekarang jadi gereja GPIB Immanuel.

Dan ini daging blenduk eh, sorry keceplosan.. ๐Ÿ™‚

Ini lagi yang perlu ditambahi..

Tuh pabrik rokok jaman susah..

๐Ÿ™‚

apa lagi..??

daerah Gubernuran aja ya..

Horas AUDISIE!

21 Hal yang ter- Di Indonesia


Mau tau apa aja hal yang ter- di Indonesia ini..??

ceekkiibrroott…

1. Indonesia adalah Negara kepulauan TERbesar di dunia. Terdiri dari 17.504 pulau ( banyak pulau yang belum di beri nama dan tidak berpenduduk ).

2. Di Indonesia terdapat 3 dari 6 pulau TERbesar didunia, yaitu Kalimantan ( TERbesar ketiga di dunia, 539.460 km2 ) , Sumatera 473.606 km2 dan Papua ( bergabung dengan Papua Nugini, 421.981 km2 )

3. Indonesia adalah Negara maritim TERbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Sisa-sisa dari kemegahan Kerajaan Sriwijaya yang terkenal dengan kerajaan maritimnya.

4. Pulau Jawa adalah pulau TERpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah Republik Indonesia. ( bussetttt dah )

5. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang TERbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis. Irian Jaya saja terdapat 270 suku. ( bhineka tunggal ika menโ€ฆ. :-d )

6. Negara dengan bahasa daerah yang TERbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

7. Indonesia adalah negara muslim TERbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid TERbanyak dan Negara asal jamaah haji TERbesar di dunia.

8. Monumen Budha (candi) TERbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

9. Tempat ditemukannya manusia purba yang konon katanya TERtua di dunia, yakni Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

10. Republik Indonesia adalah Negara PERTAMA yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. Indonesia merupakan Negara ke 70 TERtua di dunia.

11. Indonesia adalah negara TERberani di dunia. Mengapa ? Sebab Indonesia Negara PERTAMA ( hingga kini satu-satunya ) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

12. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang TERbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 kali (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

13. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) TERbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah TERbesar kedua.

14. Indonesia menempati PERINGKAT PERTAMA dalam produk pertanian, yakni cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta PERINGKAT KEDUA dalam karet alam (Natural Rubber).

15. Indonesia adalah pengekspor TERbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia. ( * selaras dengan kasus ilegalLooging yang tak kunjung tuntas )

16. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang TERkaya di dunia (18% dari total dunia).

17. Indonesia memiliki species ikan hiu TERbanyak didunia yaitu 150 species.

18. Biodiversity Anggrek TERbesar didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang TERbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang TERkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

19. Memiliki hutan bakau TERbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.

20. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal TERbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

21 Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga TERbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

Semoga bermanfaat..

Ini dikutip darimana aja..

๐Ÿ™‚